ernasepatu.co.id – Orang Indonesia pasti sangat akrab dengan terong. Buah yang diolah sebagai sayuran memiliki beragam jenis dan rasa yang enak. Terong, yang dapat diubah menjadi berbagai jenis makanan, memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan menyimpan beberapa manfaat kesehatan. Apa manfaat kesehatan dari terong?

Sekilas tentang terong

Terong adalah salah satu makanan yang biasa ditemukan di Indonesia. Ada berbagai jenis terong, yang sering dikonsumsi, termasuk terong ungu, terong bulat, terong hijau, terong putih, terong, terong dan LeuNCA Belanda. Di antara banyak varietas terong, terong ungu atau Solanum melongena yang paling sering dikonsumsi dan leichtesten tersedia di pasaran.

Terong adalah buah yang bergizi dan sangat bisa dimakan. Terong memiliki nilai kalori dan glikemik yang rendah. Kandungan lemak dalam terong juga sangat rendah, sebaliknya, kandungan air dan serat terong sebenarnya tinggi. Terong juga kaya akan antioksidan dan memiliki beragam vitamin dan mineral.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam terong meliputi vitamin A, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin B9, atau asam folat, vitamin K, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, natrium, mangan, dan seng. Kulit terong juga memiliki pigmen antosianin, yang merupakan antioksidan.

Manfaat terong

Ketika mempertimbangkan kandungan berbagai jenis nutrisi terong, kesimpulannya dapat ditarik secara alami bahwa terong termasuk dalam makanan bergizi yang baik untuk kesehatan. Apa manfaat kesehatan dari terong? Ini beberapa di antaranya!

1. Periksa kadar gula darah

Keuntungan pertama dari terong adalah bahwa kadar gula darah tidak meningkat. Makanan kaya serat adalah makanan yang baik untuk menjaga kadar gula darah. Makanan kaya serat seperti terong membantu memperlambat proses pencernaan dengan memperlambat asupan gula.

Terong juga mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa polifenol dapat membantu mengurangi konsumsi gula dan meningkatkan sekresi insulin, sehingga kadar gula darah dapat dikendalikan.

2. Periksa kolesterol

Keuntungan kedua terong adalah penurunan kadar kolesterol. Secara umum, makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Kondisi kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

Ini karena insulin tidak hanya memengaruhi metabolisme gula dalam tubuh, tetapi juga metabolisme lemak. Kemampuan terong untuk mengontrol kadar gula darah juga membuatnya menjadi buah yang baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan jantung

Metode terong ketiga adalah pemeliharaan kesehatan jantung. Manfaat dari penawaran ini terus terkait dengan manfaat sebelumnya. Kolesterol LDL dan trigliserida tinggi dalam darah dapat membentuk plak yang dapat menyumbat arteri. Ini menjadikan kolesterol tinggi salah satu pemicu penyakit jantung.

Kandungan antioksidan dalam terong juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Pengamatan pada hewan menunjukkan bahwa terong dapat meningkatkan fungsi jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Cegah kanker

Pencegahan kanker juga kerap dianggap salah satu kelebihan terong ungu. Menurut Health Line, terong mengandung zat yang disebut solasodina rhamnosyl glikosida, yang dapat menyebabkan sel kanker mati dan mencegah terulangnya beberapa kanker. SRG juga dikenal untuk memerangi kanker kulit ketika diterapkan secara lokal.

Konsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan juga dapat melawan radikal bebas, yang merupakan penyebab kerusakan sel. Karena itu, makan terong dan buah-buahan serta sayuran lainnya dapat mengurangi risiko kanker.

5. Nutrisi untuk otak

Manfaat terong selanjutnya adalah sumber makanan yang melindungi otak. Sudah dikatakan bahwa terong mengandung polifenol, salah satunya adalah anthocyanin dalam kulit terong. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam terong, anthocyanin atau nasunin mereka dapat melindungi tidak hanya radikal bebas tetapi juga lipid dalam membran sel-sel otak.

Antosianin juga dapat meningkatkan sirkulasi otak, sehingga fungsi otak tetap terjaga. Mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti terong, dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif otak, yang umumnya terjadi seiring bertambahnya usia.

6. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat terong adalah pengurangan berat badan. Jika Anda bertanya-tanya makanan apa yang paling berguna untuk menurunkan berat badan, jawabannya jelas: makanan rendah kalori, tetapi berserat tinggi. Terong memenuhi kriteria rendah kalori, makanan rendah lemak dengan asupan tinggi, menjadikannya ideal untuk diet Anda.

7. Jaga kulit tetap sehat

Menjaga kulit tetap sehat juga merupakan keuntungan dari terong ungu lainnya. Kandungan antioksidan dalam terong dapat menyehatkan kulit dan memastikan kulit sehat. Terong meningkatkan sirkulasi darah dan membuat kulit lebih sehat dan lebih bercahaya. Terong juga dapat digunakan sebagai salah satu masker wajah yang diyakini mampu melembabkan dan menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit.

Cara makan terong yang tepat

Terong dapat diubah menjadi berbagai resep terong yang lezat. Pemrosesan terong umumnya tergantung pada jenis terong. Terong ungu atau terong hijau biasanya dimasak di atas api. Terong bulat dapat dimakan sebagai sayuran segar, sedangkan terong Belanda dapat dibuat menjadi jus. Terlepas dari pilihan pengolahan terong yang Anda pilih, Anda bisa memanfaatkan terong selama tidak terlalu tinggi.

Konsumsi terong yang berlebihan menyebabkan berbagai masalah pencernaan. Penting juga memperhatikan jenis terong yang dikonsumsi. Jika Anda menemukan terong yang tidak umum di pasaran, Anda tidak boleh mengkonsumsinya karena beberapa tanaman yang terlihat seperti terong mengandung racun.

Juga perhatikan bahwa tidak semua varietas terong dapat dimakan mentah. Misalnya, varietas terong ungu yang paling sering dimakan harus dimasak sebelum dikonsumsi. Terong ungu tidak bisa dimakan mentah, karena dipercaya mengandung zat berbahaya saat tidak dimasak.

Terong ungu juga bisa menghasilkan rasa pahit jika tidak diproses dengan benar. Salah satu cara untuk menghilangkan rasa pahit adalah dengan mencelupkan terong ungu dengan air asin sebelum bekerja. Bahkan terong ungu harus direbus sampai matang sepenuhnya untuk rasa terong yang lebih enak.

Terong memang merupakan buah yang bergizi yang baik untuk kesehatan, tetapi penggunaannya belum diperhitungkan sehingga tidak bermanfaat bagi kesehatan Anda. Jika Anda memiliki penyakit tertentu, Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang makan terong.

Ini adalah manfaat terong dan terong untuk kesehatan Anda. Jangan lupa makan tidak hanya makanan bergizi seperti terong, tetapi juga untuk menyeimbangkan diet Anda dengan makanan lain dan menjalani gaya hidup sehat dengan berolahraga secara teratur dan mempertahankan pola tidur Anda. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Lainnya:

Manfaat Buah Manggis

Vlookup Excel – Rumus, Cara, dan Penjelasannya