ernasepatu.co.id – Kangkung adalah varietas tanaman yang banyak digunakan di Indonesia. Hampir setiap orang akan makan sayur yang memiliki nama berbeda untuk bayam air ini. Tapi tahukah Anda bahwa bayam memang banyak bermanfaat bagi tubuh? Berdasarkan menjaga kesehatan mata, pencegahan diabetes, hingga memerangi penyakit hati (liver). Ingin tahu manfaat bayam air? Lihat penjelasan berikut.

Apa nutrisi dalam kangkung?

Bayam air, juga disebut bayam air, adalah tanaman air yang ditemukan terutama di daerah rawa. Kubis juga merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di negara-negara Asia, khususnya di Indonesia.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, sayuran dengan bayam air ini memiliki bentuk daun memanjang sekitar 2,5 hingga 8 inci.

Tidak jauh berbeda dengan sayuran lain, sayuran dengan nama latin Ipomoea aquatica mengandung serangkaian nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam 100 g bayam air mentah segar, 3,4 g protein, 3,9 g karbohidrat dan 2 g serat dimasukkan.

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam sayuran juga sangat tinggi. Bahkan dalam secangkir air dengan ramuan bayam (sekitar 56 gram), Anda dapat memenuhi 70 persen kebutuhan harian vitamin A dan 51 persen kebutuhan harian vitamin C.

Selain itu, kangkung juga kaya akan berbagai mineral penting seperti 250,1 miligram kalium (mg), 67 mg kalsium, 2,3 mg zat besi, 65 mg natrium, dan 54 mg fosfor.

Meskipun kaya akan berbagai nutrisi penting, bayam air atau bayam adalah varietas tanaman rendah kalori. Secangkir daun bayam hanya mengandung 11 kalori sebelum dimasak.
Berbagai manfaat kol bagi kesehatan

Resep bayam berbahan dasar air

Tidak hanya rasanya yang enak, ada beragam bayam air atau manfaat bayam yang bisa Anda dapatkan dengan makan secara teratur:

1. Menjaga kesehatan mata

Bayam air kaya akan vitamin A, yang baik untuk kesehatan mata. Alasan mengapa vitamin A mampu melindungi kornea dan mukosa okular dari infeksi bakteri dan virus. Vitamin ini juga dapat meningkatkan produksi cairan, sehingga mata tidak mengering.

2. Antiinflamasi

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2010 di Jurnal Penelitian Ilmu Farmasi, Biologi dan Kimia menemukan bahwa bayam ini memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Peradangan umumnya ditandai dengan gejala seperti nyeri dan pembengkakan.

Diketahui dalam penelitian ini bahwa kol efektif dalam mengendalikan peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis. Bakteri ini dapat menyebabkan gangguan MRSA, stunts dan keracunan makanan.

3. Mencegah diabetes

Pada 2013, para peneliti menemukan efektivitas konsumsi bayam air secara teratur untuk mencegah diabetes pada wanita hamil dan anak-anak mereka. Penelitian dalam Journal of Diabetes ini mencatat bahwa air bayam bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan ini bisa menghilangkan penyebab diabetes pada sel-sel tubuh wanita hamil dan janin.

4. Terhadap kerusakan hati (hati)

Telah diketahui selama berabad-abad bahwa manfaat bayam efektif terhadap kerusakan hati. Studi terbaru dalam jurnal Molecules juga menunjukkan keunggulan ini.

Bayam air dapat melindungi hati dari kerusakan, cedera, dan peradangan. Menurut para ahli, ini disebabkan fakta bahwa bayam air dapat memicu produksi enzim yang memurnikan (mendetoksifikasi) hati racun dan residu yang dapat menyebabkan kerusakan.

5. Mencegah dehidrasi

Tingginya kandungan berbagai jenis mineral dalam kubis membuat sayuran ini baik untuk mencegah dehidrasi. Ini karena fungsi utama mineral seperti kalium dan natrium.

Kedua mineral bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan cairan dan tingkat elektrolit dalam tubuh. Karena itu, makan sayur dengan bayam dapat mencegah Anda kehilangan terlalu banyak cairan.

6. Atasi anemia

Selain menjaga cairan dan elektrolit, mineral dalam kangkung juga dapat membantu mengatasi gejala anemia. Ini karena bayam air mengandung zat besi dan fosfor.

Zat besi itu sendiri sangat efektif dalam meningkatkan produksi sel darah merah (hemoglobin). Sel darah merah diperlukan untuk mengangkut oksigen ke semua sel dan organ tubuh Anda seperti jantung dan otak.

7. Mengurangi risiko penyakit kronis

Manfaat bayam air, yang sangat disayangkan ketika diberikan, mengurangi risiko penyakit kronis. Di sisi lain, manfaat lain dari kubis

Bagaimana Anda bisa dengan aman memproses bayam air untuk memakannya?

Beberapa orang suka makan sayuran mentah. Atau dicampur dengan salad atau sayuran segar saat makan. Juga diyakini bahwa konsumsi sayuran mentah memberikan nutrisi yang utuh karena tidak mengalami proses pemanasan awal.

Selama memasak, kandungan nutrisi sayuran mentah bisa hilang atau bahkan berkurang. Namun, disarankan untuk lebih berhati-hati saat mengonsumsi sayuran mentah.

Ini bukan tanpa alasan, karena sayuran mentah mengandung risiko mengandung bakteri dan parasit cacing, yang dapat menyebabkan penyakit jika tertelan. Juga, Anda tidak bisa hanya makan sayuran mentah. Salah satunya adalah kol hitam.

Alih-alih memakannya segera, yang terbaik adalah merawat bayam air sebelum makan. Tidak ada keraguan tentang cara mengolahnya, karena ada beberapa resep bayam yang menarik yang bisa Anda coba.

Anda bisa memanggangnya, merebusnya dengan Tauco, menggorengnya dengan tepung agar terlihat seperti kentang goreng, membuatnya sup atau mengubahnya menjadi bubur atau yang disebut bubur Manado.

Baca Artikel Lainnya:

Penyebab dan cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan

Toyota lampung review Corolla touring terbaru