Manfaat Sayur Bayam yang Menyehatkan Tubuh

Bayam adalah salah satu sayuran yang mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Kandungan vitamin bayam dimulai dengan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin K.

Mineral utama yang mengandung bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, kalium dan natrium. Jika Anda tahu berapa banyak nutrisi yang ada, apa kelebihan bayam, yang bisa diekstrak dari tubuh?

Manfaat bayam untuk menjaga kesehatan tubuh
Bayam sangat sehat untuk tubuh ketika biasanya dikonsumsi dalam bentuk tumis bayam, salad bayam dan resep lainnya. Nah, berikut ini beberapa manfaat bayam yang bisa Anda dapatkan, termasuk:

Manfaat Bayam

1. Pengurangan peradangan
Keuntungan bayam pertama, yang bisa didapat dari tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Dengan cara ini, efektivitas daun bayam dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang menyebabkan peradangan. Pada penyakit seperti rheumatoid arthritis atau rematik, peradangan adalah penyebab nyeri sendi.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Berkat kandungan vitamin C, A, asam folat dan magnesium, bayam dikatakan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Baik untuk penderita diabetes
Bagi Anda yang menderita diabetes, tampaknya Anda perlu memanfaatkan bayam. Bayam mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam alfa-lipoat, yang telah terbukti menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah perubahan oksidatif yang disebabkan oleh stres pada penderita diabetes. Selain itu, asam alfa-lipoat juga berguna untuk mengurangi risiko neuropati perifer dan neuropati otonom pada penderita diabetes.

4. Cegah kanker
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau seperti bayam mengandung klorofil. Studi ini juga menunjukkan bahwa klorofil secara efektif memblokir efek karsinogenik. Karsinogen adalah istilah yang menggambarkan jenis zat atau paparan zat yang dapat menyebabkan kanker (karsinogen). Dengan demikian, manfaat bayam dapat mencegah kanker.

5. Mencegah anemia
Manfaat bayam dapat mencegah anemia karena bayam adalah sumber asupan zat besi yang baik. Bayam juga mengandung oksalat, yang dapat menghambat penyerapan zat besi saat tertelan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi vitamin C, yang membantu menyerap zat besi.

6. Menjaga kesehatan mata
Selain wortel, manfaat bayam juga bisa menyehatkan mata. Kandungan bayam karotenoid seperti beta-karoten, lutein dan zeaxanthin dapat melindungi Anda dari penyakit mata yang berkaitan dengan usia seperti kebutaan malam hari dan degenerasi makula.

7. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
Manfaat bayam yang tak terduga adalah kemampuannya untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Ini karena bayam kaya serat dan mineral yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

Selain itu, khasiat bayam, yang dapat diperoleh tubuh karena kandungan potasiumnya yang tinggi. Karena itu, bayam direkomendasikan untuk orang dengan tekanan darah tinggi atau tekanan darah tinggi.

8. Mencegah asma
Satu studi menemukan bahwa anak-anak yang sering mengonsumsi bayam memiliki risiko lebih rendah terkena asma daripada anak-anak yang jarang mengonsumsi bayam. Manfaat bayam dapat mengurangi risiko asma akibat beta-karoten.

9. Tulang sehat
Asupan vitamin K yang rendah dapat menyebabkan peningkatan risiko patah tulang. Dalam bayam, ia juga mengandung vitamin K, yang membantu menyerap kalsium dari tulang, membuat tulang menjadi kuat.

Oleh karena itu, konsumsi bayam penting karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh melalui urin.

Manfaat bayam pada tulang juga dapat mencegah osteoporosis, terutama pada lansia.

10. Jaga kulit tetap sehat
Manfaat bayam harus dicintai oleh wanita, karena makan bayam dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Ini karena kandungan antioksidan dalam bayam yang tinggi dapat melindungi kulit dari sejumlah radikal bebas yang ada di lingkungan.

11. Memberikan manfaat neurologis
Para peneliti di Departemen Bedah Saraf dan Fisiologi University of California di AS menemukan bahwa manfaat bayam antioksidan tinggi terkait dengan aktivitas mitokondria, yang bertanggung jawab atas dampak fungsi kognitif. Beberapa komponen bayam seperti potasium, asam folat dan berbagai antioksidan diketahui menawarkan manfaat baru

 

Baca juga :